Mengejar Ujung Dunia

Kalau saya membuka pintu belakang rumah,terbentang panorama sebuah gunung kecil. Di sebelahnya berderet 3 gunung: Andong, Merbabu, dan Merapi. Dengan Sumbing dan Sindoro di sebelah barat dan Ungaran di sebelah utara,deretan gunung itu seperti mengelilingi Magelang. Namun,dari pintu belakang,hanya gunung kecil Telomoyo saja yang nampak,sebab 3 gunung yg lain terhalangi kebun dan pemukiman. Gunung Andong terlihat sedikit pucuknya.

Saya tidak pernah bosan memandang gunung itu. Gunung itu akan selalu mengingatkan pada masa kecil saya,pada berbagai pikiran dan pertanyaan yang bersarang di kepala.
“Jauhkah mencapai gunung itu?”
“Ada apa di balik gunung itu?”
“Adakah tempat di balik gunung itu atau gunung itu ujung dunia?”
Diantara berbagai pikiran tentang gunung itu, pertanyaan terakhir yang paling mengganggu,apakah gunung itu ujung dunia?
Saya memang penasaran,di mana ujung dunia itu,tiap kali memandang langit. Ketika jawaban di mana ujung dunia itu berada tak saya temukan,gunung itu saya anggap sebagai ujung dunia. Jawaban itu dengan sendirinya menutup berbagai tanya hingga saya dewasa dan menemukan jawaban atas pertanyaan itu. Hingga saya mengetahui bahwa ada sebuah kota di balik gunung itu. Bersama beberapa teman, ketika SMU akhirnya saya membuktikan adanya kota di balik gunung itu. Kami berkesempatan mendaki gunung itu, mengagumi pahatan tangan-NYA, dan menyaksikan satu sisi dari sebuah kota.
Perjalanan itu menjadi treking pertama saya,menjadi awal untuk mencari ujung dunia yang lain… I wish someday. . .

ket pic: poto ‘ujung dunia’ku yang terlihat secuil dari mburi omah (belakang rumah)

13 pemikiran pada “Mengejar Ujung Dunia

Tinggalkan Balasan

