[gado-gado sekolah #13] Serasa Aktris!

Awal masuk sekolah tempat saya mengajar hingga saat ini, saya hanya mendapatkan kontrak 3 bulan. Selama 3 bulan itulah kinerja saya akan dievaluasi,apakah kontrak layak diperpanjang atau tidak. Sekolah itu adalah SD baru, satu–satunya SD swasta di kecamatan–dengan 3 pengajar (satu diantaranya saya) yang baru semua: fresh graduated tanpa pengalaman mengajar sebelumnya. Alhamdulillah, jangankan 3 bulan, 3 tahun berhasil saya lewati. Ini masuk tahun ke-4 karir saya. Angkatan pertama di sekolah itu kini duduk di kelas 4.

Bukan perkara mudah melewati angka 3 itu. Bekerja di luar minat dan bidang adalah beban tersendiri bagi saya. Saya yang tidak pernah berkeinginan menjadi guru dan tidak memiliki bekal pendidikan di bidang itu harus mengajari dan membimbing anak-anak membaca dan menulis. Menjadi pengajar untuk anak-anak tidak cukup berbekal materi seperti mengajar di sekolah menengah. Pemahaman terhadap psikologi anak dan kesabaran menjadi modal penting. Dua hal itu minim saya miliki. Kesabaran itu lebih sering pasang surut. Tiap hari ada saja tingkah anak-anak yang membuat saya geleng-geleng. Tiada hari tanpa mengeluh. Begitulah, daftar keluhan itu bisa bergerbong-gerbong kalau ditulis. Tapi, saya sadar, bagaimana bisa bersyukur kalau yang saya gubris hanya hal-hal yang berpotensi menimbulkan keluh? Mengimbanginya, saya punya kebiasaan membuat jurnal dan daftar apa saja yang sudah saya dapatkan di sekolah, daftar yang tak mungkin saya peroleh di tempat lain. Diantara sederet list itu, ada satu moment yang pernah dan masih menjadi moment favorit. Moment itulah yang ‘membesarkan’ diri saya sendiri dan menguapkan segala keluh kesah: mendongeng.

Saat mendongeng, saya serasa aktris di depan kelas, benar-benar saya nikmati. Saya menikmati tatapan antusias anak-anak, tatapan ingin tahu, penasaran,dan tatapan-tatapan tak terdefinisi :D. Tatapan-tatapan mereka begitu lekat di kepala dan menumbuhkan perasaan puas. Ketika kelas bisa senyap dan mereka terbawa oleh cerita, saya merasa berhasil ‘berakting’! Padahal, saya tidak piawai mendongeng, cerita saya bagi secara apa adanya, tak mampu berekspresi dan menciptakan/menirukan suara-suara aneh dari berbagai karakter dalam dongeng. Dengan penyampaian yang begitu apa adanya saja anak-anak suka, saya bersyukur sekali.

Itu baru mendengarkan. Belum lagi kalau saya memberi kesempatan bermain peran setelah mendengarkan. Mereka berebut maju ke depan tampil pertama. Satu kelompok belum selesai bermain, beberapa anak sudah berdiri di depan tak sabar ingin tampil. Ada juga anak yang selalu minta tampil ulang. Mereka menikmati bermain peran, padahal suara mereka kadang tak keluar, permainan mereka lebih sekedar ‘bermain-main’ sambil bercanda daripada berakting. Namun saya tak pernah keberatan dengan tingkah lucu mereka.

Diantara ulah mereka, pernah terselip ide cemerlang yang meninggalkan tawa dan kesan buat saya. Seorang siswa, Fafa namanya, yang berperan sebagai gajah penolong dalam dongeng ” Ikan dan Gajah”, berkeliling kelas memeragakan adegan gajah mencari sumber air. Sungai tempat hidup ikan kering sehingga gajah berinisiatif mengisi sungai itu dengan air lewat belalainya. Ketika gajah sampai di belang kelas, di mana terdapat sebuah dispenser terletak di atas meja, dia berhenti. Dia mengambil segelas air dan meminumnya, berlagak sebagai gajah mengisap air. Selesai minum dia lari ke depan kelas dan berlagak menyemprotkan air. Spontan kami tertawa menyaksikan tontotan itu. Saya geli bercampur takjub melihat tingkah Fafa. Fafa dan teman-temannya waktu itu masih duduk di kelas 1. Sekarang mereka kelas 4. Tiga tahun berlalu tapi moment itu masih terekam jelas di kepala saya.

51 pemikiran pada “[gado-gado sekolah #13] Serasa Aktris!

Tinggalkan Balasan

