It’s in Me!

Saya selalu suka Sabtu sore, ujung pekan yang begitu dekat dengan Ahad yang kosong dari ‘dinas’. Terlebih Sabtu ini, bahagia dan lega sekali. Ada keputusan besar yang saya ambil di tempat kerja: rekomitmen.

Alhamdulillah, saya bisa melewatinya dengan ringan tanpa beban. Bekerja di dua tempat mengharuskan saya memilih satu ‘option’ yang ditawarkan Yayasan. Memilih mengabdi menjadi guru tetap di Yayasan mengharuskan saya melepaskan satu pekerjaan ‘pendamping’. Merasa berat kalau harus meninggalkan sekolah satunya, saya memilih dua-duanya tetap jalan. Sepahit apapun pengalaman yang sudah terlewati, berat jika melepas begitu saja. Konskuensinya, hak yang saya terima akan jauh berbeda dengan teman-teman, tidak peduli dengan masa bakti yang sudah saya lewati.

Sebab hidup dipenuhi dengan berbagai pilihan, saya harus berani memilih. Ya, hari ini –mendadak sekali acara rekomitmen itu–, saya merasa telah berhasil melewatinya. Bersyukur Allah memantabkan dan meringankan langkah saya. Tidak ada rasa sesal dan harapannya pilihan itu terbaik untuk satu tahun ke depan.

Menghadapi saat semacam tadi, ketika diri dihadapkan pada pilihan, saya selalu ingat sebuah kutipan dari novel Tarian Bumi racikan penulis Bali, Oka Rusmini. Ketika butuh semangat, saya suka membacanya sebagai ‘charge’ jiwa. Tentang keberanian, kutipan itu saya tulis di agenda semasa kuliah dan tentu saja, di diari. Ini dia kata-kata sakti itu:

Sayekti, kau harus berani!
Kau harus berani. Hidup ini keras…dan jadi perempuan itu sulit. Tapi kalau kita tabah dan siap untuk kalah dalam setiap pilihan kita, maka kita bisa menikmati hidup. Kemenangan dan kekalahan bukan hadiah, tapi bagian dari hidup yang harus kita bayar. Itu kewajiban kita kepada hidup.

10 pemikiran pada “It’s in Me!

  1. @beeglay:belum sempat istikharah, tp bersyukur Allah memantabkan, itu juga jwban terbaik dari-NYA :)@yant165:tau aja! Judulnya memang dari iklan itu gara2 tdi sore liat. Inspiratif dan kucomot aja! ^^Amin. . . , terima kasih:))

Tinggalkan Balasan

