[Batam FF Lebaran–Sedekah Lebaran]

“Ma, di luar ada pengemis, “ seru Nina.
“Pengemis? Waduh, jatah THR-nya sudah habis pagi tadi.” Bu Sarah melongok ke luar. Seorang perempuan bersimpuh di teras .
“Kasih makanan aja Ma,” usul Nuno tanpa menggeser matanya dari laptop, asyik facebooking.
Bu Sarah menyambar beberapa ketupat dan makanan lalu dimasukkan plastik.

“Maaf Bu. Saya sudah dapat banyak ketupat dari orang-orang kampung.“ Pengemis memperlihatkan ketupat-ketupat dan makanan dalam gendongan begitu Bu Sarah sampai di hadapannya. “Kalau ada uang saja, Bu.”
Mata bening Nina mengawasi diam-diam.
Bu Sarah mengernyitkan kening, “ Tadi saya memang bagi-bagi THR buat anak-anak dan tetangga. Sekarang udah habis jatahnya. Sayang sekali, coba datang agak tadi.”
“Udah, nih, Nina aja yang kasih.” Nina memberikan lembaran dua ribuan baru.
“Makasih Nduk, makasih….” Pengemis berlalu. Ketupat dan makanan di lantai tak disentuhnya.

“Nina dapat uang banyak dari tante Mira. Kasihan deh Ma pengemis itu. Masak teman-teman Nina yang bajunya bagus-bagus Mama kasih … e… pengemis itu malah nggak dapet, “ ujar Nina polos, menjawab berbagai tanya di wajah mamanya.
“Memang jatahnya sudah habis. Kalau buat saudara sih masih. Semua pengeluaran harus terencana. Besarnya THR sudah mama anggar masak-masak, Nina. “
“Alah Ma, cuma satu aja. Pengemis itu lebih butuh kan?”
“Nina mana ngerti Ma sama rencana anggaran, rencana pengeluaran. . . ,” sela Nuno.
“Sayang, bukanya Mama nggak mau ngasih sedekah, tapi….”
“Lihat…. Ma… lihat… banyak pengemis datang,” potong Nina tiba-tiba saat matanya tak sengaja melayang ke luar.

Baru dalam hitungan menit perempuan tadi berlalu, beberapa pengemis berbondong-bondong memasuki halaman rumah.

#tepat 250 kata di luar judul, diikutkan dalam Lomba FF Persembahan Mpers Batam

Iklan

9 pemikiran pada “[Batam FF Lebaran–Sedekah Lebaran]

  1. boemisayekti said: , coba datang agak tadi.

    mumpung belum di locked, bisa diedit dikit kalimat ini bu guru..:) btw.. emang fenomena pengemis ya.. uni kemaren malah dapat info ttg Cak To, pengemis terkaya di indonesia.dari mengemis dia bisa punya 3 rumah di jawa timur dan jawa tengah, terus 1 mobil crv tahun 2004 dan 2 motor honda. dia mengkoordinir para pengemis, yang menyetor 200-300 ribu sehari. bayangkan! padahal dalam islam pun jelas dilarang untuk mengemis… 😦

  2. boemisayekti said: , coba datang agak tadi.

    Haduh Uni. . .udah di rumah. . .,ngempi lewat hp ga bisa ngedit, iya bisa tuh :(nha itu dia Uni, udah jadi masalah sosial, mental dan mindsetnya orang2 itu, …seperti yg saya ceritakan itu,hampir tiap lebaran ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s