Ia yang Enggan Menyandang Gelar

Meskipun peringatan maupun perayaan hari Kartini sudah lewat, dalam upacara tadi pagi pembina upacara merefleksi peringatan hari Kartini. Refleksi peran Kartini dalam ‘amanat pembina upacara’ tersebut baru tadi pagi dilaksanakan sebab Sabtu lalu sekolah kami tidak mengadakan acara peringatan. Dalam menyebut nama Kartini, pembina upacara menyebutnya lengkap beserta gelar kebangsawanannya, Raden Ajeng. Berkali-kali mendengar nama beserta gelar itu, telinga saya kok rasanya ‘keri’. (Padanan kata keri untuk Bahasa Indonesia apa ya yang paling tepat? Geli buat saya belum mewakili :D).

Saya teringat buku Panggil Aku Kartini Saja karya Pramoedya Ananta Toer, juga cuplikan surat Kartini yang pernah saya baca. Dalam surat kepada Stella, tertanggal 25 Mei 1899, Kartini menulis:
“Aku seorang pekerja biasa, Stella. Pekerja biasa. Ya, namaku hanya Kartini. Sebab itu, panggilah aku Kartini saja, tanpa gelar, tanpa jabatan.”
Kartini menentang segala bentuk feodalisme, itu sebabnya ia hanya mau dipanggil Kartini saja. Panggil Aku Kartini Saja, dari ucapan Kartini sendiri kemudian dipilih Pram untuk judul buku biografi Kartini sebab penulis itu sama-sama menentang feodalisme.

Iklan

11 pemikiran pada “Ia yang Enggan Menyandang Gelar

  1. @ayanapunya: bukan, itu gelar kebangsawanan di Jawa kok Yana, Kartini tak suka dg gelar itu dan digugatnya, beliau ingin menanggalkan ‘raden ajeng’ supaya terbebas dari peranan ‘raden ayu’, begitu yang kubaca dari buku Pram@srisariningdiyah:tapi beda nek ditik2i, lho?! πŸ˜€

  2. boemisayekti said: Saya teringat buku Panggil Aku Kartini Saja

    Kartini kan yang minta gitu?Tu bangsawan yang merakyat yang tahu gelar-bangsawan blum-tentujamin kehormatan-sorang.Panggil nama langsung blum-tentu tak-nghormat, kerna Tuhan sajahanya ku panggil nama, ngga paka embel Bu/Pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s