Irena si Ratu Sampah

Image

Judul         :Irena si Ratu Sampah

Penulis      :  T Sandi Sitomorang

Penerbit   : Nyonyo Buku Anak (Penerbit Andi), 2010

Halaman   : 136

Cerita-cerita dalam buku ini asyik, dunia anak banget:tentang permasalahan-permasalahan yang dialami anak-anak. Cerita pertama langsung menarik perhatian saya, tentang seorang anak yang begitu mengidolakan artis yang wajahnya mirip dengannya. Terprovokasi teman-temannya, ia ingin merubah penampilannya seperti si artis. Ending ceritanya mengena, memberikan pesan kepada anak-anak yang begitu menggebu dengan idolanya. Cerita yang dijadikan judul buku pun tak kalah menarik. Irena yang biasa dijuluki ratu sampah karena begitu peduli dengan sampah dan kebersihan tak ambil pusing denga julukannya. Siapa sangka, si Ratu Sampah itu mendapat berkah dari kepeduliannya terhadap lingkungan sehingga julukan Ratu Sampah tanggal dengan sendirinya. Permasalahan yang jamak dialami anak-anak diolah oleh penulis sehingga bisa memberikan inspirasi bagaimana menyikapinya, seperti penipuan dengan memperalat kepolosan anak-anak.


Dari keempat belas cerpen dalam buku itu, beberapa diantaranya menurut saya mengangkat tema yang sering muncul. Sebut saja cerpen Bintang di Langit,Sepatu Baru Niko, dan Jangan Menangis, Ambar. Bintang di Langit menceritakan anak jalanan sebatang kara yang akhirnya menemukan ‘keluarga’, seorang nenek yang boleh dianggapnya sebagai neneknya. .Sepatu Baru Niko bercerita tentang keinginan Niko memberikan sepatu untuk adiknya yang terpenuhi karena kebaikannya menggerakkan hati seorang laki-laki untuk membelikannya. Jangan Menangis, Ambar hampir sama dengan Bintang di Langit, anak sebatang kara karena ibunya meninggal akhirnya mendapat keluarga baru, keluarga sahabatnya.
Sebenarnya tidak ada masalah dengan tema yang sering ditulis, masalahnya  alur ketiga cerpen itu tipikal banget,  kurang mengejutkan seperti cerita-cerita yang lain. Tentu saja,penilaian itu lahir dari saya sebagai pembaca dewasa. Untuk anak-anak, ketiga cerpen itu tetap memberikan inspirasi dan pesan kebaikan.

Secara keseluruhan, saya menyukai buku itu.  Saya berterima kasih sekali kepada Nyonyo-Buku Anak yang memberikan buku itu lewat kuis di FB :))

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s