Ayam Goreng Tulang Lunak Ninit

Ada yang aneh, tidak biasa, di mata saya ketika suatu siang makan di Ayam Goreng Ninit yang berlokasi di Jalan Ikhlas Magelang.  Begitu duduk setelah memesan menu, ayam goreng tentu saja karena di sana hanya menyediakan satu menu. Pelayan rumah makan terlihat mondar-mandir mengantar pesanan tanpa baki, dan dicicil—pakai bahasa saya—. Pertama meraka akan membawa dua cangkir minuman. Lalu datang lagi yang membawa dua tatakan—piring kecil— berisi ayam goreng, disusul pembawa  nasi dan lalapan di mangkuk kecil. Kesannya semrawut dan kurang rapi.   Maksudnya mungkin agar pengunjung tidak menunggu lama. Ketidakbiasaan lagi yang saya temukan adalah sambalnya. Ya, sambalnya tersaji dalam  teko plastik yang lazimnya digunakan untuk mewadahi  minuman.  Mau menuang sambal sebanyak apapun, bebas.  Penampilan dan penyajian menu teramat sederhana dan apa adanya.

Image

Saatnya makan, lha piringnya mana? Saya melihat suami mengambil piring dari bawah meja. Oalah, ternyata piring-piring memang sengaja  diletakkan di rak  bawah meja.

Image
Pelayanan yang kurang rapi terbayar oleh nikmatnya ayam goreng. Ayam goreng Ninit terkenal dengan tulangnya yang lunak. Setelah daging yang hangat-hangat panas ditambah sambal yang pedas mantab  sudah habis, penggemar tulang—ada kan yang suka mencecap-cepat  tulangnya setelah dagingnya tandas?  bisa menikmati  lunaknya tulang. Minuman yang disediakan ada teh, jeruk,serta air putih  yang bisa diambil bebas.   Meskipun hanya ada menu ayam goreng, namun tempat itu menyediakan beberapa pepes seperti pepes jamur dan ikan.  Satu porsi ayam goreng dibrandol Rp15.000;.  Sederhana memang tempat dan pelayanan tempat makan itu, namun tempat itu terlihat ramai. Tak heran, sebab ayam goreng itu sudah eksis sejak 1983, seperti yang tertampang di depan warungnya: Ayam Goreng Ninit:  Sejak 1983

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s