[Review] Play and Learn

13183184_10205914283568553_1430820694_n

Judul                           : Play and Learn

Penulis                        : dr. Meta Hanindita,Sp.A.

Penerbit                      :  Stiletto Book

Cetakan                      :  Mei 2015

Tebal                           :  194 hlm.

ISBN                            : 978-602-7572-39-3

 

Mendidik anak lewat aneka permainan yang menyenangkan diperkenalkan oleh seorang ibu sekaligus dokter, dr. Meta Hanindita,Sp.A. Bermain  selain bisa menjadi stimulasi untuk tumbuh kembang anak, juga bisa menjadi bonding time untuk ibu dan anak. Bermain dapat membantu anak mempelajari interkasi sosial, gerak motoric, sampai daya pikir kognitifnya, sehingga bermain dibutuhkan untuk perkembangan yang sehat untuk anak. (hal.8).

Permainan yang dimaksud tentu saja bukan permainan instan seperti yang anak-anak kenal saat ini lewat gadget.  Di era digital yang semakin pesat ini, anak-anak, balita sekalipun telah akrab dengan gadget.  Tantangan orang tua jaman sekarang dalam  mendidik anak adalah budaya instan yang salah satunya diperkenalkan oleh gadget.  Padahal, efek gadget untuk anak balita kurang bagus untuk mendukung tumbuh kembangnya. Anak yang menghabiskan waktu bermain dengan gadget, tidak terlatih fisiknya secara aktif, dan terbukti kurang memiliki daya imajinasi dibanding mereka yang bermain tanpa gadget. (hal. 8—9).

Buku ini menjawab tantangan tersebut.  Dibagi menjadi dua bagian besar yaitu Learning by Doing dan  Let’s Play, selanjutnya buku ini dibagi dalam bab-bab yang sistematis. Dalam bab pertama, materi parenting disajikan antara lain lewat sharing pengalaman penulis dalam mendidik putrinya yang masih berusia 4 tahun.

Untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal, seorang anak membutuhkan pemenuhan tiga kebutuhan. Pertama, kebutuhan fisik (asuh) seperti nutrisi yang baik, lingkungan yang sehat, pakaian yang baik, sampai imunisasi.  Kedua, emosi (asih) yang dipenuhi melalui perhatian, kasih sayang (pelukan dan ciuman), serta suasana rumah yang damai dan nyaman. Ketiga, stimulasi mental atau akal (asah), berguna untuk membentuk karakter, kecerdasan, moral, nilai agama, serta kemandirian. (hal.18)

Semakin anak tumbuh, pendidikan karakter begitu penting ditanamkan. Pendidikan karakter  bisa ditumbuhkan lewat pembiasaan dan aneka permainan.  Permainan sederhana misalnya role play (bermain peran). Dengan bermain peran, anak bisa meningkatkan kemampuan berbicara, menambah kosakata, bekerja sama dengan orang lain, serta melatih kesabaran, dan berinterkasi. Ambil contoh saat anak bermain jual-jualan. Anak tidak hanya belajar mengenai angka dari jumlah barang yang dibeli atau uang yang dibayar, namun anak juga belajar bahwa setiap barang di toko ada harganya sehingga ia akan mengerti kalau ada barang yang diinginkan, ada proses untuk mendapatkannya.  Bukan hanya didapat dengan asal tunjuk (hal.35).

Jenis permainan  lain berupa  aktivitas yang bisa diciptakan oleh orang tua untuk membuat anak sibuk bermain.. Aktivitas tersebut tidak mahal dan bahan-bahannya mudah didapat, bahkan memanfaatkan barang-barang bekas di rumah. Orang tua bisa membuat sebuah buku yang disebut  busy book. Buku ini akan membuat anak senang bermain sembari belajar berhitung, mengikat tali sepatu, mengenalkan waktu, mengenal warna, mengelompokan benda, d.l.l.  Beragam aktivitas bermain dalam buku ini sangat gamblang digambarkan  dengan deskripsi bahan, langkah-langkah membuatnya, manfaat aktivitas dari berbagai aspek (kognitif, afektif, dan motorik), dan dilengkapi foto berwarna.  Aktivitas bermain tersebut diperkenalkan oleh dr. Meta untuk menstimulasi anak selalu gembira, cerdas, dan mandiri. Busy book  bukan hanya mengajak anak asyik bermain di rumah, namun dimanapun ia berada sebab buku tersebut bisa dibawa kemanapun anak pergi.

Orang tua bisa mendapatkan beragam inspirasi dalam mendidik anak dari buku ini. Tak hanya memahami tumbuh kembang anak, mendapatkan solusi dan tips dari permasalahan yang sering dihadapi,  orang tua juga diajak menjadi sosok yang kreatif dan smart.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

2 pemikiran pada “[Review] Play and Learn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s