[Gado-Gado Sekolah #20] Nggosipin Buku di Perpus Manca Grabag

Kamis lalu (1/9) proses pembelajaran siswa saya laksanakan di Perpustakaan Manca Kecamatan Grabag yang berada di komplek kantor Kecamatan Grabag. Pelajaran Bahasa Indonesia kali itu begitu terasa singkat karena anak-anak enjoy di perpus.

Sebelum berangkat, saya berikan 3 pilihan kegiatan yang akan dilaporkan siswa selesai pembelajaran. Siswa saya ajak untuk membuat laporan membaca buku, laporan pengamatan (lingkungan perpustakaan), dan wawancara dengan narasumber petugas perpustakaan atau pengunjung bila ada.

Heboh tentu saja. Mendapati buku-buku yang beragam ada yang bingung milih-milih buku, berganti-ganti membaca buku, ada yang khusyuk dengan satu buku kemudian menulis laporannya, ada yang cekikikan membaca buku bareng, ada yang takjub kemudian membaginya dengan teman, dan ada yang asyik menulis hasil pengamatan. Kebanyakan mereka nggosipin buku yang menarik buat mereka. Sepertinya seru mendapati satu buku yang bagus kemudian membaginya dengan teman-teman lain. Ambil contoh ketika Salwa menemukan 3 Manula Keliling Singapura, dia cekikikan membaca kemudian diceritakan teman-teman, ” Lucu ini,”

“Bagus itu, ada pengetahuannya,” ujar saya ikut berkomentar.  Sayangnya, saya tidak menemukan edisi keliling Indonesia, 3 Manula Keliling Pantura.

Teman-teman lain pun ikut membaca.

Untuk wawancara hanya satu siswa yang berani melakukannya. Saya dorong-dorong dia supaya berani dan melakukan tanya jawab dengan petugas perpustakaan.

Baiklah, ini adalah proses belajar. Masing-masing anak memiliki ketertarikan yang berbeda-beda. Hal ini terlihat dari pemilihan kegiatan dan pemilihan buku yang mereka baca dan laporkan.  Kamis itu mereka mendapatkan banyak hal dari perpustakaan.

 

20160901_112634[1]

wawancara dengan petugas

yang lagi milih-milih tak pernah puas dengan satu buku 

20160901_105608[1]

20160901_105805[1]

20160901_110806[1]

nggegosip buku yang seru, yang serius juga tak mau kalah 

20160901_115144[1]

 

2 pemikiran pada “[Gado-Gado Sekolah #20] Nggosipin Buku di Perpus Manca Grabag

    • salam kenal juga…. iya saya buat hitam-putih 🙂

      salah satu caranya dengan mengajak anak ke perpustakaan seperti ini mbak, anak akan memilih buku yang membuat ia tertarik, senang membaca, kalau dia sudah tahu betapa menyenangkan membaca, dapat banyak hal, dia akan butuh dan senang… di kelas saya sediakan buku. kalau di rumah anak saya sering kami ajak ke toko buku dan perpus saya belikan buku 🙂

Tinggalkan Balasan

