Sebermula Sudut Baca

giveaway-aku-dan-buku

Sudut baca itu kecil adanya. Hanya ada sebuah rak buku mungil berisi buku-buku anak:  sains,biografi tokoh besar, buku cerita bergambar maupun novel,  buku pengetahuan umum, dan buku agama Islam.  Meskipun seadanya, namun ini adalah langkah kecil kami dalam mewujudkan mimpi membangun perpustakaan.

Mulanya buku-buku itu berada di rak baca  di kamar bersama koleksi buku kami yang lain. Ketika anak-anak les datang, kami keluarkan tumpukan buku-buku itu  begitu saja, namun rasanya tidak efektif. Buku-buku juga berserakan di sana-sini, buku yang selesai atau  yang sedang dibaca. Lalu kami berinisiatif mengeluarkan satu rak berisi buku-buku anak. Anak-anak bebas memilih buku apa  yang mereka inginkan. Tepat sasaran, anak yang mulai keranjingan membaca selalu membawa pulang setiap kali satu buku selesai dibaca.

img-20160324-wa0007

sebelum ada sudut baca

img-20161031-wa0002

sudut baca kami, dari kecil harapannya menjadi sebuah ruang

img-20161031-wa0004 img-20161031-wa0005

20160922_193741

Kami punya mimpi membangun perpustakaan yang tidak hanya berkegiatan membaca namun juga kegiatan seru lain yang memberi asupan gizi bagi otak dan jiwa. Dimulai dari lingkungan terdekat, keluarga, lalu anak-anak yang datang belajar ke rumah, kami perkenalkan budaya  membaca. Karena kampanye membaca saat ini sasaran terdekatnya adalah anak-anak, maka rak buku di ruang depan sementara masih berisi buku anak-anak. Ada dua kelompok belajar di rumah, sore dan malam, yang masing-masing terdiri dari 3 anak.

Bagi kami, melihat 1 dari 3 anak kelompok sore mulai ketagihan membaca itu amat luar biasa. Adanya pojok baca membuat rasa ingin tahu mereka bertambah. Sementara kelompok malam telah terlebih dahulu saya perkenalkan buku lewat tumpukan-tumpukan buku yang kami keluarkan. Dua dari mereka sudah membaca.  Ketika pagi membereskan ruang tamu tempat mereka belajar, sering saya mengecek buku peminjaman. Ada kepuasan tersendiri ketika daftar peminjaman selalu terupdate.

20161110_191941

Kami menyebut pembaca buku perpus mini kami dengan  nama  Klub Buku Janitra. Perpus kecil-kecilan kami beri nama perpustakaan Janitra.   Anak kami, Janitra, adalah anggota klub termuda, sementara mbah kakungnya adalah pembaca buku tertua.  Kebahagiaan tak terkira ketika melihat mbah kakung terjangkiti virus membaca. Beliau selalu terlihat membaca di sela-sela kesibukannya di sawah, berkebun, dan beternak. Mbah kakung punya dunia sendiri saat membaca.

untitled

2

Klub buku Janitra tidak hanya berkegiatan belajar karena tuntutan (les),membaca buku, namun juga berkegiatan lain.  Mengajak mereka memasak, bersepeda, berenang, berkunjung ke perpustakaan kota, ke festival buku, dan touring pernah kami lakukan dan harapannya kegiatan menyenangkan itu akan terus berlangsung.   Yang paling sering kami lakukan adalah bersepeda bersama.  Angan-angan kami kelak ketika mimpi itu terealisasi, perpustakaan itu tidak sekedar ruang baca, namun ruang belajar dalam arti luas.

IMG-20151108-00206

membaca sembari bermain di perpus kota Magelang

IMG-20151108-00213

klub buku Janitra di fesbuk (festival buku) Magelang 2015

20160505_073312

Gowes Klub Buku Janitra

img-20151108-00232

Tour Candi Mendut

Untuk menambah koleksi buku, kami selalu memburu event obral buku yang akhir-akhir ini marak di Magelang.  Berburu giveaway buku juga menjadi hobi saya karena impian itu tentu membutuhkan penambahan buku terus-menerus. Senang ketika saya mendapatkan hadiah buku. Alhamdulillah rejeki buku sering Allah berikan berkat ngeblog maupun mainan instagram dan twitter.  Karena pernah posting foto klub buku Janitra,  saya mendapat kejutan paket buku dari seorang  sohib. Wuihh… buntelan buku selalu menghadirkan rasa yang membuncah. Terima kasih buat teman-teman yang secara langsung mendukung impian kami 🙂

12899716_10205547544680310_131181322_n

2 buku anak hadiah GA Jejak Kaki Misterius

mbah

hadiah dari sohib

“Postingan ini diikut sertakan dalam Giveaway Kisah Antara Aku dan Buku

Iklan

6 pemikiran pada “Sebermula Sudut Baca

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s