Ada yang Masih Mengingat Saya!

“Masih kerja di perpus,Bu?” sapa seorang lelaki tinggi besar ketika saya turun dari angkot sore ini. Saya tidak langsung berlalu gegara eyel-eyelan dengan sopir angkot baik hati yang tidak mau saya bayar.  Sopir angkot menurunkan saya di terminal, bukan di tempat semestinya saya turun.

Saya tidak mengenali dia. “Kok tahu saya dulu kerja di perpus?” tanya saya meski sebenarnya pertanyaan dalam hati, “Kok masih bisa mengingat saya?”

Sudah saya tebak dalam hati kalau dia pastilah dulu sering datang ke perpus. Ah, ini luar biasa, ada pengunjung perpus yang tiba-tiba menyapa.

“Saya dulu masih SMP sering ke perpus.”  Ia  pasti melihat saya berkerut-kerut  mengingat sebab exited melihat lelaki yang sama sekali tak saya sangka dulu adalah pengunjung perpus. Tak menyangka lelaki itu mengenal saya ketika masih bocah.

“Sudah lama sekali bu, dulu sekali…”

Saya senyum-senyum mendapati ada orang yang mengingat saya sebagai petugas perpus.

“tahun 2003 atau 2004,” lanjutnya menerawang.

“2007 ta mas,” ujar saya. Waktu itu penjaga perpus adalah karir transisi saya begitu lulus kuliah dan masih menanti pekerjaan yang akan saya jalani.

“Iya, 2007..” Ia mengiyakan.

“dulu SMP mana?”

“SMP satu,”  jawabnya. Iya, memang dulu anak SMP satu banyak yang menjadi anggota perpus kecamatan.

Anak yang dulu masih bercelana pendek itu kini sudah menjelma lelaki tinggi besar, tentu saya tidak akan mengenali. Lagipula, ada banyak siswa yang datang.

Sembilan tahun berlalu. Ternyata bukan waktu yang singkat. Waktu yang mampu mengubah orang menjadi sosok yang jauuuh berbeda. Ia yang dulu berwajah bocah, kini menjelma lelaki dewasa.

Tak menyangka ada orang yang masih mengingat wajah saya. Barangkali, tak banyak yang berubah dalam diri saya. Sementara pada diri orang lain, terjadi metamorfosa yang perubahannya begitu mencolok di mata orang lain yang tak pernah berjumpa.

Lulus kuliah, ada waktu jeda beberapa bulan sampai saya memantabkan hati menjadi guru sampai sekarang. Perpustakaan menjadi tempat mengisi waktu luang. Hanya karena saya seorang yang dekat dengan petugas perpus dan sering datang, saya ditawari menggantikan tugasnya.

Banyak orang yang saya temui selama 3 bulan menggantikan petugas perpus yang cuti melahirkan.  Waktu telah mengubah hidup mereka. Ada yang sudah menikah dan memiliki anak. Ada siswi SMU yang kini sudah menjadi pengajar seperti saya. Sebagian dari mereka masih saya kenal dan masih bersay hallo ketika saya temui. Tapi, kalau anak-anak, mereka sungguh menjadi sosok yang berbeda kan?

Tak hanya para anggota perpus saja yang berbeda. Ketika saya bekerja, perpus itu hanya menempati satu bilik sempit di pojokan gedung pertemuaan di kompleks kecamatan.  Raknya pun hanya dua. Sekarang, wajahnya berubah.

Perpustakaan Manca Grabag kini memiliki gedung sendiri.  Lumayan sebagai perpus kecamatan yang bisa dijadikan pilihan mencari ilmu.

20160324_120846

2 pemikiran pada “Ada yang Masih Mengingat Saya!

Tinggalkan Balasan

