Ngabuburit, Pikir-Pikir Dulu!

 

20180515_054454-01-01

Jelang Ramadhan, salah satu pesan broadcast yang sering beredar adalah pencuri di bulan Ramadhan: TV, HP, dapur, dan pasar.  HP, gawai, adalah tantangan tersendiri.  Dikit-dikit sekarang buka HP ya?  Banyak sindiran, pernahkah dikit-dikit buka Alquran? Nah!

Ada satu artikel yang saya baca beberapa waktu lalu, lupa di mana. Saya merasa sangat diingatkan oleh artikel itu. Jelang buka puasa, adalah waktu mustajab buat berdoa (coba search soal ini, ada juga hadistnya). Ironisnya di Indonesia, stasiun TV berlomba membuat acara unggulan jelang berbuka. Perhatian masyarakat akan tersedot di sana, tercuri oleh TV. Belum lagi budaya ngabuburit, wah pasti deh ramai jelang berbuka. Ada yang sekedar jalan-jalan, ada juga yang mencari takjilan. Muslim di Arab punya budaya berkumpul jelang berbuka untuk berdoa. Mereka duduk berkumpul memperbanyak doa jelang berbuka.  Nah, sudah saatnya kita move on dari budaya ngabuburit yang tidak banyak manfaat, kecuali dengan majelis ilmu.

Sementara saya diingatkan tentang banyak doa jelang buka,  sayangnya hari pertama ini saya kecolongan oleh pasar dan dapur. Ketika di pasar tadi, saya tergoda membeli paket buah untuk sup buah. Hanya satu bungkus sih, tidak seberapa banyaknya, tapi jadinya mubazir karena 1 bahan tidak saya dapatkan: susu ultra plain  (kebiasaan kami membuatnya dengan susu itu).  Pada akhirnya, buahnya memang tetap bisa dimakan, tapi godaan pasar untuk masuk dapur itu yang jadi masalahnya, wong di rumah juga sudah ada stok buah. Istighfar dan dapat pengalaman berharga hari ini. Semoga esok saya akan selalu diingatkan sehingga tidak lalai.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s