Eksotisme Kali Mangu Mungkid

 

Kamis pagi itu, saya dan rombongan—dengan rekan guru dan anak-anak– menembus  dingin pagi melewati rute naik turun berkelok-kelok menuju Blabak. Tak ada kemacetan kami temui sebab dari Grabag pak sopir memilih rute Banaran—Tegalrejo—Candimulyo—Blabak. Dalam hati saya berpikir, untuk tubing, kenapa  harus jauh-jauh ke Mungkid? Toh tak jauh dari tempat tinggal kami  juga ada. Meskipun berdomisili di Secang, saya bekerja di Grabag. Teringat pula komentar suami, ”Hari gini tubing,tubing sama batu?” Maklumlah, kemarau begini sungai paling airnya sedikit.

Jawabannya baru saya dapatkan setelah nyemplung dan ngeli di kali Mangu  dengan  ban  besar.

Beberapa kru menyambut kami di base camp di Jalan Senden-Ngabean No. 10 Senden Mungkid Magelang, yang di depannya nampak ornamen dari bambu berwarna-warni. Setelah menunggu beberapa saat untuk mempersiapkan peralatan: pelampung, helm, dan ban, kami pun siap berangkat dengan  berjalan kaki.  Kru yang membersamai kami ada 10 orang.

WhatsApp Image 2018-06-28 at 12.24.29

Start tubing berada tak jauh dari base camp.  Gemricik air sungai menyambut kami. Apa yang dikomentari oleh suami tidak terbukti. Air sungai melimpah dan gemricik diantara bebatuan sudah menggoda untuk diarungi.

Para pendamping kembali melakukan pengulangan informasi penting dari pembekalan yang sudah dilakukan di base camp.  Mantab kami memilih ban masing-masing.  Jumlah kru yang sebanding dengan jumlah rombongan dan selalu siap mendampingi menjadikan kami siap terjun.

Duduk di atas ban diombang-ambing dan hanyut mengikuti arus berbeda sensasinya ketika duduk bersama di atas perahu karet. Ini lebih seru.  Pengalaman dan keseruan tiap-tiap orang di atas ban berbeda-beda. Untuk individu yang menyukai tantangan yang memacu adrenalin secara personal tubing ini pilhan tepat.

Ketika arus cenderung tenang, pemandangan tebing sungai yang dinaungi langit biru bisa dinikmati. Ada akar-akar pohon yang menjuntai di sana-sani. Sesesekali ada mini air terjun yang menambah keindahan tebing sungai.  Saya takjub, kalau tidak mengarungi sungai dengan tubing seperti ini, tidak akan pernah tahu bagaimana rupa tebing sungai yang dijuluri akar-akar pepohonan. Terlihat eksotis. Magelang pastilah punya banyak sungai yang indah untuk dijadikan tempat mengambil jeda dari aktivitas dan menyegarkan pikiran. Sayangnya, polusi berupa sampah-sampah yang dibuang penduduk tak jarang ditemui di sepanjang perjalanan.

Melewati jeram-demi jeram, keseruan demi keseruan lebih terasa. Sensasi diombang-ambing dan didorong arus membuat ekspresi kami tak bisa dibendung, teriak dan bersorak. Tidak ada kekhawatiran bagi kami yang tidak memiliki kemampuan berenang sebab ban dan pengaman berupa pelampung dan helm sangat memadai.

WhatsApp Image 2018-06-28 at 12.20.26

Beberapa jeram ekstrim kami lewati, namun para pendamping selalu stand by di lokasi jeram, membantu para peserta bisa mengarungi dengan aman tanpa rasa khawatir. Justru di jeram-jeram yang ekstrim para peserta merasakan adrenalin terpacu.

IMG-20180628-WA0131

Penulis artikel menikmati tubing

Dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, jarak tempuh yang Sungai Mangu  di arungi terbilang panjang. Pendamping mengajak beberapa kali break. Ini kesempatan bagi peserta tubing saling berbagi ekspresi dan meluruskan kaki.  Salah satu pendamping selalu siap mengambil foto. Tempat break selalu dipilih tempat dengan latar belakang pemandangan yang indah, berupa air terjun kecil ataupun batu-batu yang instragramable untuk berfoto.  Kerikil-kerikil dan bebatuan kecil terhampar di tepi sungai yang landai. Tak hanya di tempat break, fotografer juga aktif mengambil foto saat kami berayun-ayun atau terlontar oleh arus jeram.

whatsapp-image-2018-06-28-at-12-16-27.jpeg

WhatsApp Image 2018-06-28 at 12.14.54

WhatsApp Image 2018-06-28 at 11.54.36

whatsapp-image-2018-06-28-at-12-15-12.jpeg

WhatsApp Image 2018-06-28 at 12.23.08.jpeg

Tiba di garis finish,  kami bisa berpose dengan pose melingkar  sambil bermain kecipuk air. Foto-foto yang diambil oleh fotografer semua akan dibagikan kepada rombongan sehingga keseruan tubing  bisa dibawa pulang dan menjadi kenangan sepanjang waktu.

IMG-20180628-WA0114

IMG-20180628-WA0107

WhatsApp Image 2018-06-28 at 12.08.48

Magelang memiliki kekayaan sumber daya alam  yang bisa  diekslpore untuk pariwisata. Dari hutan pinus, hutan bambu (papringan), pegunungan, hingga sungai-sungai yang menyimpan keindahan yang seringkali tak diketahui oleh penduduk lokal. Seperti Sungai Mangu Blabak ini yang menawarkan pemandangan eksotisme dan jeram-jeram penuh tantangan.  Ayo ke Magelang. Sebagai wong Magelang  sudah saatnya kita mengenal dan mengeksplorasi daerah sendiri sebelum melalang ke tempat lain.

 

 

**Foto koleksi pribadi atas kiriman pendamping tubing

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s