Perdana, Artikel Populer di Koran

Kalau melihat artikel guru wira-wiri di media massa, rasanya mupeng pingin juga menulis. Ada ide-ide yang berkeliaran dan gelisah minta ditulis namun kurang dorongan. Bagaimana menulisnya?

Dalam acara Pemilihan Duta Baca 2019 lalu, saya berbincang dengan Pak Rahma Huda Putranto,  Duta Baca  Kab. Magelang 2019. Kebetulan beliau salah satu mentor bimtek pembelajaran tanpa batas yang saya ikuti sebelumnya. Saya bilang pada beliau, kalau guru saja dalam waktu satu pekan bisa mengerjakan tugas bimtek, kenapa tidak dengan menulis ya, Pak?
Coba ada pelatihan menulis untuk guru.

 
Alhamdulillah, cepat sekali harapan itu terealisasi. Beliau bersama rekannya, Pak Solehuddin Al Ayyubi memfasilitasi acara Pelatihan Menulis Guru bekerja sama dengan Jateng Pos dengan narasumber bapak Tukijo,S.Pd. (Duta Rumah Belajar Kemendikbud RI, Duta Literasi Jateng, Ketua Literasi Guru Jateng)

 

IMG-20190623-WA0013
Luar biasa, semua guru yang mengikuti pelatihan dijamin terbit karyanya. Buktinya, Ahad (23/6) saya ikut pelatihan di Hotel Trio Magelang, Selasa menulis (menyempurnakan tulisan saat pelatihan) dan mengirim, Kamis karya saya terbit, dan Jumat saya mendapatkan bukti terbit.

IMG-20190630-WA0001

 

IMG-20190630-WA0002

Dengan 500 kata, artikel yang diterbitkan berisi seputar permasalahan pembelajaran di kelas dan bagaimana menyiasatinya. Metode pembelajaran atau inovasi yang dilakukan guru juga bisa menjadi inspirasi.  Selain berisi opini dan solusi yang ditawarkan, artikel tentunya diperkuat dengan data berupa teori atau kutipan yang tidak lebih dari 25% isi tulisan.

Menulis ketika sudah mendapatkan pencerahan nyatanya bisa. Semoga karya perdana ini diikuti karya kedua,ketiga, dan seterusnya. Ada mimpi yang selalu tersemat, saya ingin belajar dan nulis di majalah  X.
Para guru, mari menulis mari menginspirasi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s