Melepas Nelayan di Pantai Gesing

Pantai Gesing terletak di Bolang, Girikarto, Panggang, Yogyakarta. Dibandingkan pantai lain di Gunung Kidul, pantai ini terbilang dekat. Jalur menunuju pantai  bagi saya lebih nyaman lewat Panggang dibanding lewat kota Wonosari yang padat lalu lintasnya. Hanya saja, ada beberapa jalur yang menanjak berkelok.

Pantai ini kecil dengan deretan kapal yang bersandar. Ada kapal-kapal yang membawa penumpang menjelajah laut sekitar, segaaarr.

Yang menarik bagi kami adalah para nelayan yang sedang menyayat ikan di kapal-kapal nelayan. Mereka bergerombol sembari mengobrol. Saya kira mereka sedang membuat ikan asin yang akan dijemur.”Bukan, mereka membuat umpan untuk mencari ikan,”jelas abah Janitra. Benar saja, sore hari mereka siap berlayar. Lihat saya cara mereka berlayar. Dibutuhkan beberapa orang untuk menarik kapal dari pantai ke laut. Kerjasama yang menjadi ciri khas masyarakat lokal. Bahkan pengunjung pun ada yang turun tangan membantu.

Bagi anak-anak, apa yang menarik? Tentu saja bermain ombak! Iya lah, mereka enggan untuk berhenti. Ombak di Pantai Gunung Kidul selalu menggoda dan cenderung aman untuk anak-anak. 

Dengan pasir putih dan air yang jernih, anak-anak makin betah bermain ombak. Selain itu, pemandangan pantai dengan tebing di sekeliling juga indah. Sayangnya, terlihat sampah-sampah di pantai yang mengurangi eksotisme pantai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s