[Diari Janitra] Gowes #3: Menyusuri Secang Barat

Masih mbolang dari desa ke desa menjelajah Secang, Ahad kemarin kami menjelajah Secang bagian barat, menyusuri dusun, jalan setapak, kali, menyebrang sungai, dan sawah.

Saya baru pulang dari mabit sekolah tanpa istirahat tapi semangat untuk gowes menyingkirkan lelah.  Pukul setengah delapan lebih kami keluar dari Tegalsari menuju Mbugel kemudian menyusuri Kalibening. Ekspektasi saya bisa melihat Kalibening dengan kebeningan yang masih orisinil. Nyatanya, kebeningannya tidak sama dengan pertama kali saya melihat dan takjub karena beningnya. Masih bening tapi tidak sejernih dulu. Ingin mengambil fotonya, namun tidak sampai hati sebab sungai dipenuhi orang. Ada yang mandi dan mencuci. Di satu titik ada bagian yang ‘dikomersilkan’ untuk berenang. Tempat renang itu dilengkapi dengan penyewaan ban. Titik itu tentu saja penuh dengan bocah-bocah bertelanjang dada. Di belakang mereka, waterboom yang terbelengkelai kalah oleh kali yang lebih memberikan keceriaan bagi anak-anak.

Dari Kalibening, melewati SMP 3 Secang, kami melaju hingga tiba di tepi Sungai Progo. Di sekitar sungai, tampak beberapa terpal didirikan sebagai tempat mata pencarian penduduk sekitar. Tampak para lelaki dan perempuan pemecah batu sedang bekerja, mengurai batu besar menjadi kricak, batu kecil-kecil material bangunan.

Di jembatan Trinil menuju Windusari, kami berhenti sejenak. Inginnya saya menikmati sungai, mentadaburi ciptaan Allah, ciee, namun Janitra agaknya takut melihat dan mendengar arus sungai.

IMG-20160110-00284

IMG-20160110-00287

IMG-20160110-00285

Perjalanan pun kami lanjutkan. Kami berbelok menuju Selote. Diturunan, Janitra dan bapak melaju cepat. Mereka sudah terlihat kecil.

IMG-20160110-00289

Spot di tempat ini sayang dilewatkan, maka saya minta jeda. Nah, karena Janitra masih takut dengan sungai–biasanya melihat kali kecil tidak sebesari ini– ia malah minta gendong waktu kami turun dari sepeda, hehe. Kasihan bapak harus  gendong.

IMG-20160110-00294

IMG-20160110-00291

IMG-20160110-00296

Lanjut lagi. Janitra sudah mau naik sepeda. Menyusuri Selote dengan rute yang menanjak, kami harus berkali-kali turun menuntun sepeda.  Asyiknya menyusuri desa kami bisa cuci mata melihat lukisan alam yang hijau di sana-sini, namun saya harus rela ngos-ngosan melewati rute menanjak. Ada yang esktrim turun naik, ada pula tanjakan yang tak begitu tinggi kemiringannya namun lebih panjang.

Dari Selote, kami kembali menyusuri sungai. Nyaman sekali mengayuh di atas jalan setapak di tepi kali.

IMG-20160110-00298

Rute terasa berat dengan tanjakan yang kami temui menjelajah Ngadirejo, Geduang, Kaligeleh lalu senyum melebar saat memasuki Karangboyo, Payaman. Sudah sampai di tepi jalan raya lagi. Artinya sudah dekat dengan rumah. Dari Karangboyo kami menyebrang jalan raya melewati pasar Payaman, menyebrang jembatan Semanggi, masuk Sidorejo dan sampailah di depan rumah Tegalsari! Mengecek jam,  90an menit kami mengayuh sepeda di bawah terang matahari.

Alhamdulillah. Gowes kemarin saya dibuat takjub. Selain mendapati alam Nusantara yang ijo royo-royo, saya terheran-heran dengan rute tak terduga yang dipilih paknda Janitra. Rute baru baginya dan tentu bagi Janitra dan saya itu sepertinya semakin jauh mengayuh semakin menjauh dari  rumah. Ternyata,dari Ngadirejo kami mengayuh berputar dan tak terasa semakin mendekati desa kami. Bapak Janitra selalu bilang,” tenang saja, tahu-tahu nanti sampai depan rumah.” 😀

#diariJanitra_3,5tahun

 

 

 

 

Iklan

4 pemikiran pada “[Diari Janitra] Gowes #3: Menyusuri Secang Barat

  1. Hebat nih… Setahu saya dari Selote sampai kali kan treknya nanjak banget mbak. Saya aja males lewat situ, untungnya selama ini justru kebalikannya, yaitu dari kali turun ke Selote sampai ke pemecah batu lanjut pulang ke Payaman.
    Btw, itu foto Janitra meluk bapaknya di jembatan Trinil kok lucu banget to? Hehehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s